Friday 6 February 2015

Contoh Kasus Phising

Phishing adalah upaya untuk memperoleh informasi sensitif seperti username, password , dan kartu kredit rincian (dan kadang-kadang, tidak langsung, uang ) dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. (Wikipedia)

Dalam kasus ini upaya memperoleh username dan password dari pengguna facebook. Ini saya berri contoh screenshoot phishing yang dikirim ke saya. Untuk memperbesar gambar tinggal klik pada gambar maka gambar kan diperbesar.
  • Pada saat saya melihat pemberitahun di Facebook saya pagi ini saya melihat ada pemberitahuaan kiriman dari seseorang ke dinding kronologi saya. Seperti dibawah ini :


  • Setelah saya klik pada pemberitahuan tersebut ternyata aplikasi yang katanya dapat merubah gambar menjadi karakter kartun.

  • Namun ternyata setelah saya klik tautannya saya diaarahkan ke alamat http://ungdungfbhot.com/ yang ternyata memiliki tampilan web khas Facebook yang berwarna Biru dan Putih. Namun keanehan yang saya lihat adalah sya diminta memasukan Username dan Password, yaang mungkin sebagian orang awam akan tertipu dan mengira ini adalah salah satu halaman autentifikasi dari facebook dengan cara  menginput username dan password. 

  • Padahal situs tersebut adalah situs Phising yang saya jelaskan di awal. Dan bila ternyata anda tidak sengajaa memasaukka username daan password anda setelah membaca article ini, saya harapkan anda segera mengganti password anda sekarang juga dan semoga si pembuat web Phising tidak sempat mengerjai Facebook anda.
Terima kasih telah membaca article ini dan semoga anda sekalian lebih berhati-hati dalam berselancar di dunia maya ini. Thanks



2 comments:

Mohon komentar yang diberikan adalah sopan dan tidak menggunakan kata-kata yang kasar. Terima Kasih